SSB Belitung Tour & Travel

Kong Djie Coffee

Kong Djie Coffee


Terletak di persimpangan Siburik, Jalan Gegedek, Belitung Barat.

Warung Kopi Kong Djie sudah berdiri sejak sebelum Indonesia merdeka. Tepatnya 1943. Pemiliknya kala itu bernama Ho Kong Djie, lelaki berdarah Tionghoa yang merupakan perantau asal Pulau Bangka. Saya kemari bersama Pak Toto, Mas Yopie, dan supir. Warungnya terlihat sederhana. Bisa dimasuki dari 2 pintu pada sisi yang berbeda. Tempatnya sangat dekat dengan jalan raya. Tak ada jarak. Tak ada ruang untuk parkir mobil. Hanya bisa untuk motor, itu pun terbatas.

Ada 3 petak ruangan. Salah satu petak campur dengan dapur. Suasana dapurnya terlihat sejak pertama kali masuk. Teko-teko besar model jadul seperti sengaja di taruh depan jendela. Dari lubang ceretnya keluar asap, berasal dari air panas mendidih yang ada di dalamnya. Para pria duduk di bangku panjang, menghadap lemari kaca berisi makanan.

Kalau tak tahan asap rokok, jangan masuk ke warung ini. Pria-pria mengobrol, asap rokok mengepul. Sementara kopi pahit Kong Djie, bahagia berada dalam gelas di antara para peminum kopi. Tanpa sofa, tanpa AC, tanpa balutan interior berkelas. Tapi di sinilah orisinilitas sebuah warung kopi. Meski berkeringat, tetap menyeruput kopi. Dan orang-orang tetap datang silih berganti. 

Dibaca : 41 x

Share | Twitter | Cetak